Cari

Total Tayangan Halaman

Selasa, 31 Agustus 2010

Bau Helm Yang Bisa Peringati Bahaya

Bagja Pratama - detikOto
Gambar
Jakarta - Biasanya, para bikers jarang mengetahui kalau helm yang mereka gunakan sudah tidak layak pakai, dan bila terus digunakan tentunya bisa mengancam keselamatan.

Nah, sekarang ada helm yang bisa mengeluarkan bau yang memperingatkan bikers kalau helm tersebut sudah tidak layak pakai, dan harus segera diganti yang baru.

Seperti dilansir Times, Senin (7/6/2010) para peneliti berhasil membuat sebuah microcapsule yang bisa mengeluarkan aroma tajam tidak sedap, ketika retak atau pecah.



Kapsul mini tersebut dimasukkan kedalam busa helm dan bisa retak atau pecah, bila ada dampak serius akibat kecelakaan yang sekiranya bisa merusak interior helm.

"Jadi ketika kapsul tersebut pecah, maka helm akan langsung berbau menyengat," ujar ilmuwan di Fraunhofer Institute for Mechanics of Materials in Germany, Christof Koplin.

Busa dalam helm pun dirancang untuk mengkompres kapsul tersebut dan akan retak dalam kecelakaan, untuk kemudian menyerap dampak tabrakan sebelum mencapai tengkorak kepala bikers.

Begitu kompresinya telah pecah setelah tabrakan, ia kehilangan kemampuan menyerap dampak kecelakaan, sehingga produsen menyarankan bikers mengganti helm mereka setelah ada kecelakaan serius, bahkan jika helm tidak tampak rusak.

Copas : http://us.oto.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.